Jumlah Penduduk Musi Rawas Mengalami Penurunan

Berdasarkan data yang tercatat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas (Mura), jumlah penduduk Mura pada 2019 mengalami penurunan dibandingkan tahun 2018.

Sebab, 2018 penduduk yang tercatat di Disdukcapil berjumlah 408.816 orang, tapi 2019 hanya 402.580 orang. Artinya terjadi pengurangan hingga 6.236 orang.

Kepala Disdukcapil Mura, H Y Mori didampingi Kabid Pendaftaran Pelayanan Penduduk, Darwin mengatakan terjadinya penambahan maupun penurunan jumlah penduduk dipengaruhi dengan jumlah warga pindah, datang, kelahiran hingga kematian.

Darwin menjelaskan, 2019 ini penurunan jumlah penduduk didominasi pembersihan data yang dilakukan pemerintah pusat. Disamping, adanya masyarakat yang pindah dan meninggal dunia.

“Jumlah penduduk dikeluarkan langsung oleh pemerintah pusat, dengan jangka waktu dua tahun sekali,” katanya, Senin (14/10).

Memang, terjadinya perubahan data merupakan hasil konsolidasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Terlebih, ada beberapa data yang diblokir oleh Kemendagri untuk sementara waktu, dikarenakan yang bersangkutan belum melakukan perekaman KTP.

“Data ini, akan diaktifkan kembali bila yang bersangkutan melakukan perekaman,” jelasnya.

Maka untuk saat ini, jumlah masyarakat Mura yang wajib menggunakan KTP juga mengalami penurunan dari 293.578 orang menjadi 284.914 orang. Jumlah yang sudah melakukan perekaman berjumlah 276.223 orang dan 8.691 orang belum melakukan perekaman. Namun, berdasarkan penelusuran dari Disdukcapil Mura dari jumlah masyarakat yang belum melakukan perekaman ternyata ada yang telah meninggal dunia, dan pindah ke daerah lain, tapi datanya masih tercatat di Dusdubcapil Mura.

Sumber ( Linggau Pos Online )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *