Mengenal Buah Sirsak Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah sirsak yang memiliki nama latin ( anona muricata linn ) , merupakan tanaman yang berasal dari amerika , dan indonesia menjadi salah satu negara yang banyak melestarikan buah dengan banyak julukan ini , seperti nangka sebrang , nangka landa ,  nangka walanda ,  nangka buris ,  dan srikaya jawa  .

Ciri buah sirsak yaitu berkulit hijau berduri-duri kasar , serta memiliki rasa asam manis dan menyegarkan, selain dikonsumsi seperti buah-buahan lainnya , buah sirsak juga seringkali digunakan sebagai obat tradisional , begitu juga dengan daun, biji dan akarnya .

Daging buah sirsak yang sudah matang , memiliki warna putih dengan biji hitam yang sedikit . buahnya yang lezat dan manis , tak hanya nikmat di lidah saja , tetapi juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh , berikut diantaranya .

Mencegah kanker , annonaceous acetogenins adalah fitokimia , yang terdapat dalam daun, biji dan batang sirsak.  zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus, penelitian mengungkap bahwa kandungan annonaceous acetogenins pada sirsak, dapat membunuh sel-sel ganas penyebab kanker, dan lebih efektif dibandingkan obat kemoterapi , juga tanpa efek samping .

Menghilangkan kolesterol jahat , manfaat buah sirsak yaitu dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat di dalam tubuh . hal ini dikarenakan kandungan serat di dalam buah sirsak yang cukup tinggi , jika mengkonsumsi 100 gram daging buah sirsak ,  maka kebutuhan serat per hari  sudah terpenuhi .

Mengatasi hipertensi , hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang harus diwaspadai , salah satu manfaat buah sirsak yaitu dapat menangkal dan juga  menurunkan tekanan  darah tinggi , jika dikonsumsi secara rutin setiap harinya .

Mengatasi asam urat , manfaat lain dari buah sirsak yakni , untuk mengobati asam urat .  kadar zat purin dalam darah bisa di netralisir , dengan mengkonsumsi jus buah sirsak dengan rutin .karena buah sirsak mengandung serat yang tinggi dan vitamin c yang sangat banyak , sehingga bisa menghoibati penderita asam urat.

Inilah yang menjadikan sirsak , sebagai salah satu buah yang wajib dikonsumsi sehari-hari , karena menjaga kesehatan selalu lebih murah dan lebih mudah , dari pada mengobati .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *